Kamis, 20 Desember 2012

Strategi Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia



Upaya penanggulangan kemiskinan merupakan agenda nasional,di indonesia program-program penanggulangan kemiskinan  sudah banyak pula di laksanakan,seperti pengembangan desa tertinggal,perbaikan kampung.program penanggulangan kemiskinan  di perkotaan lebih mengutamakan pada meningkatkan pendapatan masyarakat dengan kedudukan masyarakat sebagai perilaku utamanya.
Kesenjangan dan kemiskinan masih merupakan problem bangsa indonesia.angka pengangguran tahun 2009 sekitar 8,1%,sedang kan angka kemiskinan 14,14% atau 32,5 juta dari total penduduk indonesia.untuk mengatasi masalah ini seraya berusaha mewujud kan kesejahteraan rakyat. Berbagai ikhtisar penanggulangan kemiskinan di wilayah kabupaten/kota, memiliki tekanan tingkat masalah yang beragam.masalah-masalah utama yang sering  menjanggal ada nya kecendrungan untuk menyalah kan simiskin,menempat kan mereka sebagai obyek,program nya di kelola semacam proyek,dan tidak berkelanjutan.situasi masalah ini menghendaki penyelesaian segera,yakni dengan mengembang kan cara pandang atau pendekatan baru dalam memahami kemiskinan dan melibatkan mereka,simiskin dalam formulasi strategi penanggulangan kemiskinan.
Javlec memiliki tekad untuk mendukung agenda nasional tersebut,ini siatif nya dengan mengembang kan tiga fokus program berikut:
ð   peningkatan efektivitas strategi penanggulangan kemiskinan
fokus program ini bertujuan untuk mewujud kan ada nya strategi penanggulangan kemiskinan yang tepat sasaran yang berpihak pada komunitas miskin.
ð   sistem penganggaran daerah yang berpihak pada masyarakat miskin
Fokus program ini bertujuan untuk ada nya sistem perencanaan dan penganggaran program penanggulangan kemiskinan yang efektif,efisien,dan berpihak pada komunitas miskin.   
ð   monotoring dan evaluasi program penanggulangan kemiskinan
Fokus program ini bertujuan untuk  memastikan efektifitas program penaggulangan kemiskinan.
Kemiskinan bukan suatu yang berdiri sendiri,sebab ia merupan akibat dari ketidak tercapai nya pembangunan yang berlansung .Strategi penanggulangan kemiskinan yang di lakukan pemerintah indinesia adalah dengan cara membantu masyarakat pemerintah melakukan program yaitu: inpresdesa tertinggal atau IDT,pemberian kredit untuk para petani dan pengusaha kecil berupa keredit usaha atau KUK,kredit kerja permanen,[KMKP] ,program kawasan terpadu(PKT),program orang tua asuh(GN-OTA),raskin,bantuan lansung tunai (BLT),serta program-program lain nya.
Langkah mengatasi masalah kemiskinan yang lebih mendasar saat ini yaitu:
1.      Menciptakan lapangan kerja
Karena pengangguran adalah Untuk banyak yang menyerap tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran,karna pengangguran  adalah salah satu penyebab kemiskinan di indonesia.
2.      Mmberikan subsidi pada kebutuhan pokok manusia.       
            Sehingga setiap masyrakat bisa menikmati makanan yang berkualitas hal ini berdampak pada menigkat nya angka kesehatan masyarakat.
3.      Menghapuskan korupsi                                                                               
Sebab korupsi adalah salah satu penyebab layanan masyrakat berjalan sebagai mana mesti nya,hal ini kemudian menjadi kan masyarakat tidak bisa menik mati hak mereka sebagai warga negara sebagai mana mesti nya.
4.      Mengalakkan program zakat di indonesia
Islam adalah agama mayoritas,dan di dalam islam diajarkan zakat diperkenal kan sebagai media untuk menumbuhkan pemerataan kesejahteraan di antara masyarakat dan mengurangi klesenjangan kaya-miskin.
5.      Menjaga kesetabilan harga bahan kebutuhan pokok.
Fokus pada program ini bertujuan menjamin daya beli masyarakat miskin/keluarga miskin untuk memenuhi kebutuhan pokok terutama beras dan kebutuhan pokok utama selain beras.
6.      Meningka kan akses masyrakat miskin pada pelayanan dasar.
kebutuhan pendidikan,kesehatan, Fokus program ini bertujuan untuk meningkatkan akses penduduk miskinmemenuhi dan prasarana dasar.
7.      menyempurnakan dan memperluas cakapan program pembangunan berbasis masyarakat.
Program ini bertujuan untuk meningkatkan energi dan optimalisasi pemberdayaan msayrakat di kawasaan pedesaan dan perkotaan serta memperkuat penyediaan dukungan perkembangan berusaha bagi penduduk miskin.
                                                   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar